Setelah menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 sampai
dengan Modul 1.2, berikut ini adalah hal-hal yang menjadi pembelajaran bagi
saya :
1.
Peristiwa :
Momen yang paling menantang bagi saya dalam proses pembelajaran
Modul 1.1 sampai dengan Modul 1.2 adalah ketika melakukan aksi nyata penerapan
dari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu nilai yang
berpihak pada murid. Pada penerapan aksi nyata tersebut saya harus meyakinkan
diri saya bahwa dengan berpusat pada siswa saya bisa memimpin pembelajaran
dengan sehingga saya harus memiliki kesiapan yang baik dalam proses pembelajaran
Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah filosofi
KHD yang dalam
hal ini memiliki korelasi erat dengan nilai guru penggerak yaitu “Berpihak pada
murid” karena hal tersebut terpatri dalam diri saya bahwa saya harus bisa
melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena saya bisa
membuat program kolaborasi GURDAK (Guru dan Anak) yang dari beberapa program
tersebut mengarah kepada berpusat pada siswa, diantaranya : pengelompokan
minat, murid berekspresi, agenda individual, tantangan baru dan gaya belajar
aktif.
2.
Perasaan saya saat momen itu terjadi :
Saya merasakan banyak kekurangan dalam diri saya dalam proses
pembelajaran. Dan saya merasa wajib berubah agar pembelajarn yang saya lakukan
bisa menjadi baik. Sehingga murid yang saya ajar memiliki kesiapan untuk
menyongsong ke depan. Untuk memperoleh masa depan meraka
3.
Pembelajaran yang saya dapatkan :
Saya bisa melengkapi kekurangan diri saya dalam proses
pembelajaran. Melalui kolaborasi GURDAK saya harapkan nantinya mereka memiliki
pengalaman pembelajaran yang baik. Dari hal tersebut nantinya kita akan memperoleh
seorang anak bangsa yang siap menyongsong masa depan yang akan mereka hadapi. Murid
harus memiliki rancangan yang tepat, pengalaman pembelajaran yang baik sehingga
mereka mampu dengan baik menyelesaikan studynya. Banyak kemampuan perbedaan di
antara siswa akan bisa saya maksimal potensi-potensi yang mereka miliki.
4.
Penerapan ke depan
Sebagai wujud pengembangan diri yang dapat saya
lakukan sendiri untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai
Guru Penggerak adalah dengan :
a.
Saya harus mampu
memetakan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik melalui meningkatan
pengetahuan tentang sport science
b.
Mampu memberikan ruang kepada siswa untuk bisa berekspresi
dengan baik dalam proses pembelajaran oleh karena itu saya harus bisa melengkapi
model-model pembelajaran melalui berbagai pelatihan yang saya ikuti
c.
Saya harus bisa melakukan kolaboras terhadap seluruh warga sekolah
untuk bisa mewujudkan tahapan-tahapan yang diharapkan.
d.
Mampu meningkatkan kemampuan IT sehingga pembelajaran menjadi
lebih menarik.
e.
Saya harus mampu membuat komunitas praktisi
sesuai kompetensi kompetensi yang nantinya berguna bagi diri dan orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar