Kamis, 16 Juni 2022

 

Setelah menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 sampai dengan Modul 1.2, berikut ini adalah hal-hal yang menjadi pembelajaran bagi saya :

1.    Peristiwa : 

Momen yang paling menantang bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 sampai dengan Modul 1.2 adalah ketika melakukan aksi nyata penerapan dari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu nilai yang berpihak pada murid. Pada penerapan aksi nyata tersebut saya harus meyakinkan diri saya bahwa dengan berpusat pada siswa saya bisa memimpin pembelajaran dengan sehingga saya harus memiliki kesiapan yang baik dalam proses pembelajaran 

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah filosofi KHD yang dalam hal ini memiliki korelasi erat dengan nilai guru penggerak yaitu “Berpihak pada murid” karena hal tersebut terpatri dalam diri saya bahwa saya harus bisa melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Oleh karena saya bisa membuat program kolaborasi GURDAK (Guru dan Anak) yang dari beberapa program tersebut mengarah kepada berpusat pada siswa, diantaranya : pengelompokan minat, murid berekspresi, agenda individual, tantangan baru dan gaya belajar aktif.

2.    Perasaan saya saat momen itu terjadi :

Saya merasakan banyak kekurangan dalam diri saya dalam proses pembelajaran. Dan saya merasa wajib berubah agar pembelajarn yang saya lakukan bisa menjadi baik. Sehingga murid yang saya ajar memiliki kesiapan untuk menyongsong ke depan. Untuk memperoleh masa depan meraka

3.    Pembelajaran yang saya dapatkan :

Saya bisa melengkapi kekurangan diri saya dalam proses pembelajaran. Melalui kolaborasi GURDAK saya harapkan nantinya mereka memiliki pengalaman pembelajaran yang baik. Dari hal tersebut nantinya kita akan memperoleh seorang anak bangsa yang siap menyongsong masa depan yang akan mereka hadapi. Murid harus memiliki rancangan yang tepat, pengalaman pembelajaran yang baik sehingga mereka mampu dengan baik menyelesaikan studynya. Banyak kemampuan perbedaan di antara siswa akan bisa saya maksimal potensi-potensi yang mereka miliki.

4.    Penerapan ke depan

Sebagai wujud pengembangan diri yang dapat saya lakukan sendiri untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak adalah dengan :

a.    Saya harus mampu memetakan potensi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik melalui meningkatan pengetahuan tentang sport science

b.    Mampu memberikan ruang kepada siswa untuk bisa berekspresi dengan baik dalam proses pembelajaran oleh karena itu saya harus bisa melengkapi model-model pembelajaran melalui berbagai pelatihan yang saya ikuti

c.    Saya harus bisa melakukan kolaboras terhadap seluruh warga sekolah untuk bisa mewujudkan tahapan-tahapan yang diharapkan.

d.    Mampu meningkatkan kemampuan IT sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.

e.    Saya harus mampu membuat komunitas praktisi sesuai kompetensi kompetensi yang nantinya berguna bagi diri dan orang lain.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar