Selasa, 15 November 2016

Lembar Kerja Siswa PJOK materi Senam Lantai dan Senam Irama



LK,PJOK,1,Semester Genap 

































A.    ALAT DAN BAHAN / SUMBER BELAJAR / SARANA BELAJAR
1.      Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1  untuk kelas VII SMP dan MTs, BSE.
2.      Internet
3.      Matras
4.      Pluit dan stopwatch
5.      Video dan narasumber
B.     MATERI PELAJARAN

A.  Hakekat Senam Lantai
Olahraga senam mempunyai sistematika tersendiri, serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, atau bisa juga diperluas untuk membentuk prestasi, membentuk tubuh yang ideal dan memelihara kesehatan.

1)   Pengertian senam lantai
Senam lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, maka gerakan-gerakan/bentuk latihannya dilakukan di lantai. Lantai/matraslah yang merupakan alat yang dipergunakan. Senam lantai disebut juga dengan istilah aktivitas pembelajaran bebas. Oleh karena tidak mempergunakan benda-benda atau perkakas lain pada saat menjalankannya. Tujuan melakukan senam lantai selain peningkatan melakukan bentuk-bentuk aktivitas pembelajaransenam lantai sendiri adalah juga sebagai aktivitas pembelajaran yang kelak mempermudah melakukan bentuk latihan/gerakan senam dengan alat.

2)   Manfaat melakukan aktivitas senam lantai
            Manfaat fisik
            Senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui berbagai kegiatannya, siswa akan berkembang daya tahan otot, kekuatan, power, kelentukan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangannya.
            Manfaat mental dan sosial
            Ketika mengikuti senam, siswa  dituntut untuk berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Siswa harus mampu menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan masalah-masalah gerak. Dengan demikian, siswa akan berkembang kemampuan mentalnya.

B.   Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai
1.   Aktivitas pembelajaran gerak dominan guling depan (forward roll)
Gerakan guling depan (forward roll) adalah gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat. Jadi, dalam gerakan guling depan, gerakan tubuh harus dibulatkan. Aktivitas guling depan dapat terbagi atas dua bagian, yaitu guling depan dan sikap awal jongkok dan guling depan dengan sikap awal berdiri.
2.   Aktivitas pembelajaran guling belakang (back roll)
Guling ke belakang adalah menggelundung ke belakang, posisi badan tetap harus membulat yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada. Gerakan guling ke belakang dapat dilakukan dengan cara guling ke belakang dengan sikap jongkok.
3.   Aktivitas pembelajaran gerakan guling lenting

Guling lenting (neckspring) adalah suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.
4.   Aktivitas pembelajaran rangkaian senam lantai
Tujuan rangkaian gerakan senam lantai adalah untuk mengombinasikan gerakan-gerakan rangkaian gerakan senam lantai yang telah dipelajari. Rangkaian gerakan senam lantai dapat dilakukan dengan cara: perorangan dan berpasangan.


C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 - 6 orang!
2.      Siswa mengamati gambar dan gerakan yang dilakukan teman sendiri atau siswa yang diberi tugas oleh bapak/ibu guru melakukan gerakan.

3.      Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk latihan yang diperagakan.

4.      Jawaban yang diberikan oleh bapak/ibu guru, siswa mencoba melakukan gerakan sesuai dengan hasil pengamatan dan jawaban dari guru.

5.      Siswa mengasosiasikan/menghubungkan, yaitu dengan melakukan aktivitas tersebut berulang-ulang untuk menemukan hal-hal sebagai berikut.

a.       Mencari hubungan antara langkah kaki dan ayunan lengan dalam melakukan aktivitas gerak berirama dengan ketepatan dan keserasian gerakan melakukan aktivitas gerak berirama.

b.      Mencari hubungan antara aktivitas gerak berirama dengan kesehatan serta otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam aktivitas gerak berirama.

6.      Akhir aktivitas gerakan ini siswa mengomunikasikan, dengan melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan aktivitas gerak berirama.

D.    HASIL KEGIATAN
1.      Temukan permasalahan-permasalahan dari pengamatan video yang di bahas dalam kelompok !

 No

Fokus yang diamati

Deskripsi
1.
Guling depan
Sikap Tangan:
Sikap Badan:

2.

Guling Belakang
Sikap Kaki     :
Sikap Tangan :

3.

Guling lenting
Sikap Badan   :
Sikap Tangan    :
Sikap Berdiri     :






2.      Simpulkan hasil pengamatan pada video dan narasumber  !

 
 












   E. UJI KOMPETENSI
A)    Pilihan Ganda
1.      Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan .. . .

a.
guling ke depan
b.
guling ke belakang
c.
guling lenting
d.
meroda

2.      Sikap awal gerakan berguling ke depan adalah . . . .

a.
Berdiri
b.
berjongkok
c.
berbaring
d.
duduk

3.       Pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras, peganglah

tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi . . . .

a.
Berdiri
b.
duduk
c.
berjongkok
d.
berbaring

4.      Menggelundung ke belakang, posisi badan tetap harus membulat yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu menempel di dada dinamakan . . . .

a.
guling lenting
b.
meroda
c.
guling ke depan
d.
guling ke belakang

5.      Posisi badan saat akan melakukan gerakan berguling belakang yang benar

adalah . . . .


a.
membelakangi matras
b.
di depan matras
c.
di sebelah kanan matras
d.
di sebelah kiri matras

6.      Sikap akhir guling belakang pada umumnya adalah . . . .

a.
telungkup
b.
jongkok
c.
miring/tidur
d.
berdiri

7.      Suatu gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan dinamakan . . . .

a.
guling lenting
b.
meroda
c.
guling ke depan
d.
guling ke belakang
8.      Saat badan sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai, merupakan pelaksanaan gerakan . . . .



a.
guling ke depan
b.
guling ke belakang
c.
guling lenting
d.
meroda

9.      Sikap permulaan guling lenting adalah . . . .

a.
telungkup
b.
jongkok
c.
miring/tidur
d.
berdiri tegak
      10. Sikap akhir guling lenting adalah . . . .
a.
telungkup
b.
jongkok
c.
miring/tidur
d.
berdiri tegak

B)     Essay pendek
1.      Sikap tangan dalam melakukan guling depan adalah ....
2.      Sikap Badan dalam melakukan guling belakang adalah ....
3.      Sikap kaki dalam melakukan guling lenting adalah ....
C)    Essay
1.      Bagaimana awalan dalam melakukan guling depan?
2.      Bagaimana pelaksanaan dalam melakukan guling belakang?
3.      Bagaimana akhir gerakan dalam melakukan guling lenting?



NILAI
Paraf Guru

Nama        : …………………….……
Kelas          : ………………………..
No. Abs.    : …………………………
































LK,PJOK,1,Semester Genap
 


























A.    ALAT DAN BAHAN / SUMBER BELAJAR / SARANA BELAJAR
1.      Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1  untuk kelas VII SMP dan MTs, BSE.
2.      Internet
3.      Video dan narasumber
B.     MATERI PELAJARAN
Pengertian dan asal-usul aktivitas gerak berirama
Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi dan lain-lain sebagainya.

Senam irama termasuk kedalam jenis olahraga senam umum karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) mudah diikuti, (2) tidak membutuhkan biaya yang mahal, (3) diiringi musik atau nyanyian, (4) melibatkan banyak peserta, dan (5) bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Aktivitas pembelajaran gerak langkah gerak berirama
1)      Aktivitas pembelajaran langkah biasa
            Berdiri dengan sikap tegak rileks.

a.       Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.

b.      Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.

c.       Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian..

2)      Aktivitas pembelajaran langkah rapat

a.       Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b.      Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri.
c.       Kemudian, melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan.

b.      Lanjutkan kedua kaki rapat.

3)      Aktivitas pembelajaran langkah keseimbangan
a.       Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b.      Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan.
c.       Hitungan 2: kaki kanan menyusul melangkah ke depan.
d.      Ketika tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat.


4)   Aktivitas pembelajaran langkah depan
a.       Berdiri dengan sikap anjur kiri
b.      Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan.

c.       Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua).

d.      Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul kanan, kemudian diikuti langkah kiri.
5)   Aktivitas pembelajaran langkah silang

a.       Berdiri dengan sikap anjur kiri.
b.      Hitungan 1: silangkan kaki kiri di muka kaki kanan
c.       Kruispas dapat pula dilakukan ke belakang.
d.      Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4.

Aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan
1)      Aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke depan belakang
1.      Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan.

2.      Hitungan 1: ayun lengan kiri ke belakang diikuti kedua lutut mengeper.

3.      Hitungan 2: ayunkan kembali tangan kiri ke depan.

4.      Hitungan 3-4: sama dengan hitungan 1 – 2 hanya dilakukan dengan tangan kanan.

5.      Lakukan Pembelajaran ini 6 x 4 hitungan dengan irama 4/4.

2)      Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan ke samping
a.       Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan

b.      Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper.

c.       Hitungan 2: ayunkan kembali lengan kiri ke depan.

d.      Hitungan 3-4, lengan kanan melakukan gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2.
3)      Aktivitas pembelajaran ayunan satu lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan
a.       Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan
b.      Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke kiri
c.       Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke kiri bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper.
d.      Hitungan 3: ayunkan lengan kanan kembali ke kanan.
e.       Hitungan 4: ayunkan lengan kiri ke kanan bersamaan memindahkan berat badan ke kanan, kedua lutut mengeper.

4)      Aktivitas pembelajaran ayunan dua lengan ke depan belakang
a.       Sikap permulaan berdiri, kaki kiri melangkah, kedua lengan lurus ke depan.

b.      Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke belakang.

c.       Hitungan 2: ayunkan kembali ke depan.

d.      Hitungan 3-4, putar kedua lengan melalui bawah di samping badan.

e.       Hitungan 5,6,7,8: Pembelajaran sama dengan Pembelajaran 1,2,3,4, tetapi arahnya berlawanan.

5)      Aktivitas pembelajaran variasi gerakan langkah ke depan dan gerakan tangan ke atas
a.       Sikap permulaan tegak, langkahkan kaki kiri, kedua lengan ke samping.
b.      Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke depan, ayun kedua lengan lurus ke atas.
c.       Hitungan 2: pindahkan berat badan ke belakang sambil membungkukkan badan ke muka, ujung tangan ke ujung kaki, pandangan ke perut.
d.      Hitungan 3, tegak kembali.
e.       Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan kedua lengan kembali ke sikap semula.
f.       Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya ganti kaki kiri.

Aktivitas pembelajaran kombinasi gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan lengan
1)      Aktivitas pembelajaran 1: gerakan ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan
            Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri menyilang bergantian dan kedua lengan lurus ke depan.
Gerakannya
a.       Hitungan 1: lengan kiri diayunkan kebelakang

b.      Hitungan 2: lengan kiri diayunkan ke depan.

c.       Hitungan 3: lengan kanan diayunkan ke belakang.

d.      Hitungan 4: lengan kanan diayunkan ke depan

e.       Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan.

            Sikap akhir
2)      Aktivitas pembelajaran 2: gerakan ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan
            Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri kedua lengan lurus ke depan.
            Gerakannya
a.       Hitungan 1: kedua lengan diayunkan ke belakang samping kiri.
b.      Hitungan 2: kedua lengan diayunkan kembali ke depan..
c.       Hitungan 3: kedua lengan diayunkan ke belakang samping kanan.
d.      Hitungan 4: kedua lengan diayunkan kembali ke depan.
e.       Pandangan selalu mengikuti ayunan lengan
             Sikap akhir
             Kembali ke sikap semula.

3)      Aktivitas pembelajaran 3: gerakan ayunan lengan silang dan rentang tangan
Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri kedua lengan direntangkan.
Gerakannya
a.       Hitungan 1: kedua lengan disilangkan di depan dada.
b.      Hitungan 2: kedua lengan terentang setinggi bahu.
c.       Hitungan 3: arahkan pandangan ke bahu kanan secara bergantian.
Sikap akhir


4)      Aktivitas pembelajaran 4: gerakan ayunan lengan melingkar di atas kepala
            Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan.
Gerakannya
b.      Hitungan 1: kedua lengan diayunkan ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
c.       Hitungan 2: berdiri tegak, langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan.
d.      Hitungan 3: kedua lengan diayunkan ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
e.       Hitungan 4:   berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan lurus ke depan.
f.       Pandangan mengikuti gerakan lengan.
Sikap akhir

5)      Aktivitas pembelajaran 5: gerakan ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan
            Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan direntangkan.
Gerakannya
b.      Hitungan 1: lengan kiri diayun ke kanan di depan badan.
c.       Hitungan 2: lengan kiri diayun ke kiri (sikap semula).
d.      Hitungan 3: lengan kanan diayun ke kiri di depan badan.
e.       Hitungan 4: lengan kanan diayun ke kanan (sikap semula)
f.       Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.
Sikap akhir

6)      Aktivitas pembelajaran gerakan ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke depan
            Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri, dan kedua lengan lurus ke depan

Gerakannya

a.       Hitungan 1: kedua lengan diluruskan di depan dada.
b.      Hitungan 2: kedua lengan ditarik di depan dada.
c.       Hitungan 3: kedua lengan didorong ke depan (sikap semula)
d.      Setiap ayunan diikuti dorongan panggul.

            Sikap akhir


7)      Aktivitas pembelajaran gerakan ayunan dua tangan setinggi bahu
            Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan.

Gerakannya

a.       Hitungan 1: kedua lengan diayunkan ke kiri.

b.      Hitungan 2: kedua lengan diayunkan ke kanan.

c.       Hitungan 3: kedua lengan diayun melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala.

d.      Hitungan 4: kedua lengan lurus ke samping kiri.

e.       Setiap gerakan ini diulang, ayunan lengan dari samping kiri

            Sikap akhir


8)      Aktivitas pembelajaran gerakan ayunan satu lengan ke kaki anan dan kiri secara bergantian
Sikap awal
a.       Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan.

            Gerakannya

a.       Hitungan 1: tangan kanan diayun menyentuh ujung kaki kiri dan badan mem­ bungkuk.

b.      Hitungan 2: tangan kembali diayun ke sikap semula.

c.       Gerakan dilakukan bergantian dengan tangan kiri.

Sikap akhir



C.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.       Bentuklah kelompok yang terdiri atas 4 - 6 orang!
b.      Siswa mengamati gambar dan gerakan yang dilakukan teman sendiri atau siswa yang diberi tugas oleh bapak/ibu guru melakukan gerakan.
c.       Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk latihan yang diperagakan.
d.      Jawaban yang diberikan oleh bapak/ibu guru, siswa mencoba melakukan gerakan sesuai dengan hasil pengamatan dan jawaban dari guru.
e.       Siswa mengasosiasikan/menghubungkan, yaitu dengan melakukan aktivitas tersebut berulang-ulang untuk menemukan hal-hal sebagai berikut.
f.       Mencari hubungan antara langkah kaki dan ayunan lengan dalam melakukan aktivitas gerak berirama dengan ketepatan dan keserasian gerakan melakukan aktivitas gerak berirama.
g.      Mencari hubungan antara aktivitas gerak berirama dengan kesehatan serta otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam aktivitas gerak berirama.

e.       Akhir aktivitas gerakan ini siswa mengomunikasikan, dengan melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan aktivitas gerak berirama.
D.    HASIL KEGIATAN
1.      Temukan permasalahan-permasalahan dari pengamatan video yang di bahas dalam kelompok !

 No

Fokus yang diamati

Deskripsi
1.
Awalan
Sikap Tangan:
Sikap Badan:

2.

Pelaksanaan
Sikap Kaki     :
Sikap Tangan :

3.

Akhir
Sikap Badan   :
Sikap Tangan    :
Sikap Berdiri     :
2.      Simpulkan hasil pengamatan pada video dan narasumber  !

 
 













   E. UJI KOMPETENSI
I.                   Pilihan Ganda
1.      Sikap awal gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama adalah . . . .

a.
berdiri tegak
b.
berdiri istirahat
c.
berdiri santai
d.
berdiri rileks

2.       Di bawah ini adalah bentuk langkah dalam aktivitas gerak berirama, kecuali

. . . .

a.
langkah biasa
b.
langkah ke belakang
c.
langkah rapat
d.
langkah keseimbangan

3.      Sikap awal gerakan langkah rapat aktivitas gerak berirama adalah . . . .

a.
berdiri rileks
b.
berdiri istirahat
c.
berdiri tegak
d.
berdiri santai

4.      Sikap awal gerakan langkah silang aktivitas gerak berirama adalah . . . .

a.
berdiri tegak
b.
berdiri rileks
c.
anjur kanan
d.
anjur kiri

5.      Berdiri dengan sikap tegak, langkahkan kaki kiri ke depan dan kaki kanan menyusul melangkah ke depan merupakan gerakan langkah . . . .

a.
langkah biasa
b.
langkah ke belakang
c.
langkah rapat
d.
langkah keseimbangan

6.      Berdiri dengan sikap tegak, langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri, kemudian melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan merupakan gerakan langkah . . . .

a.
langkah biasa
b.
langkah ke belakang
c.
langkah rapat
d.
langkah keseimbangan

7.      Berdiri dengan sikap tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan di samping badan dan langkahkan kaki kanan dan jatuhkan pada tumit merupakan gerakan langkah . . . .

a.
langkah biasa
b.
langkah ke belakang
c.
langkah rapat
d.
langkah keseimbangan
8.      Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan merupakan gerakan mengayunkan lengan . . . .

a.       satu lengan ke depan

b.      satu lengan ke belakang

c.       satu lengan ke samping

d.      dua lengan ke depan dan belakang

9.      Sikap permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan merupakan gerakan mengayunkan lengan . . . .

a.       satu lengan ke depan

b.      satu lengan ke belakang

c.       satu lengan ke samping

d.      dua lengan ke depan dan belakang

10.  Ayunkan kedua lengan ke belakang kemudian putar kedua lengan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan lengan . . . .

a.       satu lengan ke depan

b.      satu lengan ke belakang

c.       satu lengan ke samping

d.      dua lengan ke depan dan belakang

II.                Isian
1.      Sikap tangan dalam melakukan Senam Irama adalah ....
2.      Sikap Badan dalam melakukan Senam Irama adalah ....
3.      Sikap kaki dalam melakukan Senam Irama adalah ....

III.             Uraian
1.      Bagaimana sikap kaki dalam melakukan Senam Irama?
2.      Jelaskan bagaimana cara melakukan langkah biasa dalam aktivitas gerak berirama?
3.      Bagaimana pelaksanaan langkah biasa dalam melakukan Senam Irama?
4.      Jelaskan cara melakukan gerakan ayunan lengan ke belakang dank e muka?
5.      Bagaimana gerakan ayunan lengan dan rentang dalam melakukan Senam Irama?



NILAI
Paraf Guru

Nama        : …………………….……
Kelas          : ………………………..
No. Abs.    : …………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar