A.
ALAT DAN BAHAN /
SUMBER BELAJAR / SARANA BELAJAR
1.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1 untuk
kelas VII SMP dan MTs, BSE.
2.
Internet
3.
Matras
4.
Pluit dan
stopwatch
5.
Video
dan narasumber
B.
MATERI
PELAJARAN
A. Hakekat
Senam Lantai
Olahraga senam mempunyai sistematika
tersendiri, serta mempunyai tujuan yang hendak dicapai seperti daya tahan,
kekuatan, kelenturan, koordinasi, atau bisa juga diperluas untuk membentuk
prestasi, membentuk tubuh yang ideal dan memelihara kesehatan.
1) Pengertian
senam lantai
Senam
lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, maka
gerakan-gerakan/bentuk latihannya dilakukan di lantai. Lantai/matraslah yang
merupakan alat yang dipergunakan. Senam lantai disebut juga dengan istilah
aktivitas pembelajaran bebas. Oleh karena tidak mempergunakan benda-benda atau
perkakas lain pada saat menjalankannya. Tujuan melakukan senam lantai selain
peningkatan melakukan bentuk-bentuk aktivitas pembelajaransenam lantai sendiri
adalah juga sebagai aktivitas pembelajaran yang kelak mempermudah melakukan
bentuk latihan/gerakan senam dengan alat.
Manfaat fisik
Senam
adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui
berbagai kegiatannya, siswa akan berkembang daya tahan otot, kekuatan, power,
kelentukan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangannya.
Manfaat mental dan sosial
Ketika
mengikuti senam, siswa dituntut untuk
berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Siswa harus mampu
menggunakan kemampuan berpikirnya secara kreatif melalui pemecahan
masalah-masalah gerak. Dengan demikian, siswa akan berkembang kemampuan
mentalnya.
B. Aktivitas
Pembelajaran Senam Lantai
1. Aktivitas
pembelajaran gerak dominan guling depan (forward
roll)
Gerakan
guling depan (forward roll) adalah
gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat. Jadi, dalam gerakan
guling depan, gerakan tubuh harus dibulatkan. Aktivitas guling depan dapat terbagi
atas dua bagian, yaitu guling depan dan sikap awal jongkok dan guling depan
dengan sikap awal berdiri.
Guling
ke belakang adalah menggelundung ke belakang, posisi badan tetap harus membulat
yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu
melekat di dada. Gerakan guling ke belakang dapat dilakukan dengan cara guling
ke belakang dengan sikap jongkok.
3. Aktivitas
pembelajaran gerakan guling lenting
Guling
lenting (neckspring) adalah suatu
gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki
dan tolakan kedua tangan, dari sikap setengah guling ke belakang atau setengah
guling ke depan dengan kedua kaki rapat dan lutut lurus.
4. Aktivitas pembelajaran rangkaian senam lantai
Tujuan
rangkaian gerakan senam lantai adalah untuk mengombinasikan gerakan-gerakan
rangkaian gerakan senam lantai yang telah dipelajari. Rangkaian gerakan senam
lantai dapat dilakukan dengan cara: perorangan dan berpasangan.
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Bentuklah
kelompok yang terdiri atas 4 - 6 orang!
2. Siswa mengamati gambar dan gerakan
yang dilakukan teman sendiri atau siswa yang diberi tugas oleh bapak/ibu guru
melakukan gerakan.
3. Setelah itu siswa diberi kesempatan
untuk mengajukan pertanyaan tentang bentuk-bentuk latihan yang diperagakan.
4. Jawaban yang diberikan oleh
bapak/ibu guru, siswa mencoba melakukan gerakan sesuai dengan hasil pengamatan
dan jawaban dari guru.
5. Siswa mengasosiasikan/menghubungkan,
yaitu dengan melakukan aktivitas tersebut berulang-ulang untuk menemukan
hal-hal sebagai berikut.
a. Mencari hubungan antara langkah kaki
dan ayunan lengan dalam melakukan aktivitas gerak berirama dengan ketepatan dan
keserasian gerakan melakukan aktivitas gerak berirama.
b. Mencari hubungan antara aktivitas
gerak berirama dengan kesehatan serta otot-otot yang dominan yang dipergunakan
dalam aktivitas gerak berirama.
6. Akhir aktivitas gerakan ini siswa
mengomunikasikan, dengan melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan
lengan aktivitas gerak berirama.
D.
HASIL
KEGIATAN
1. Temukan permasalahan-permasalahan dari pengamatan video
yang di bahas dalam kelompok !
|
No
|
Fokus yang diamati
|
Deskripsi
|
|
1.
|
Guling depan
|
Sikap Tangan:
Sikap Badan:
|
|
2.
|
Guling Belakang
|
Sikap Kaki :
Sikap Tangan :
|
|
3.
|
Guling lenting
|
Sikap Badan :
Sikap Tangan :
Sikap Berdiri
:
|
2. Simpulkan hasil pengamatan pada video dan narasumber !
|
E. UJI KOMPETENSI
A)
Pilihan Ganda
1.
Gerakan
mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan .. . .
|
a.
|
guling ke depan
|
b.
|
guling ke belakang
|
|
c.
|
guling lenting
|
d.
|
meroda
|
2.
Sikap
awal gerakan berguling ke depan adalah . . . .
|
a.
|
Berdiri
|
b.
|
berjongkok
|
|
c.
|
berbaring
|
d.
|
duduk
|
3.
Pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras, peganglah
tulang kering dengan kedua tangan menuju
posisi . . . .
|
a.
|
Berdiri
|
b.
|
duduk
|
|
c.
|
berjongkok
|
d.
|
berbaring
|
4.
Menggelundung
ke belakang, posisi badan tetap harus membulat yaitu kaki dilipat, lutut tetap
melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu menempel di dada dinamakan . .
. .
|
a.
|
guling lenting
|
b.
|
meroda
|
|
c.
|
guling ke depan
|
d.
|
guling ke belakang
|
5.
Posisi
badan saat akan melakukan gerakan berguling belakang yang benar
|
adalah . . . .
|
|
|
|
|
a.
|
membelakangi matras
|
b.
|
di depan matras
|
|
c.
|
di sebelah kanan matras
|
d.
|
di sebelah kiri matras
|
6.
Sikap
akhir guling belakang pada umumnya adalah . . . .
|
a.
|
telungkup
|
b.
|
jongkok
|
|
c.
|
miring/tidur
|
d.
|
berdiri
|
7.
Suatu
gerakan lenting badan ke atas depan yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki
dan tolakan kedua tangan dinamakan . . . .
|
a.
|
guling lenting
|
b.
|
meroda
|
|
c.
|
guling ke depan
|
d.
|
guling ke belakang
|
8.
Saat
badan sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus
dibantu oleh kedua tangan mendorong badan dengan menekan lantai, merupakan pelaksanaan
gerakan . . . .
|
a.
|
guling ke depan
|
b.
|
guling ke belakang
|
|
c.
|
guling lenting
|
d.
|
meroda
|
9. Sikap permulaan guling lenting adalah . . . .
|
a.
|
telungkup
|
b.
|
jongkok
|
|
c.
|
miring/tidur
|
d.
|
berdiri tegak
|
|
10. Sikap akhir guling lenting adalah . . . .
|
|||
|
a.
|
telungkup
|
b.
|
jongkok
|
|
c.
|
miring/tidur
|
d.
|
berdiri tegak
|
B)
Essay pendek
1. Sikap tangan dalam melakukan guling
depan adalah ....
2. Sikap Badan
dalam melakukan guling belakang adalah ....
3. Sikap kaki dalam melakukan guling
lenting adalah ....
C)
Essay
1.
Bagaimana
awalan dalam melakukan guling depan?
2.
Bagaimana pelaksanaan dalam melakukan guling belakang?
3.
Bagaimana
akhir gerakan dalam melakukan guling lenting?
|
NILAI
|
Paraf Guru
|
Nama : …………………….……
Kelas : ………………………..
No.
Abs. : …………………………
|
![]() |
A.
ALAT DAN BAHAN /
SUMBER BELAJAR / SARANA BELAJAR
1.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1 untuk
kelas VII SMP dan MTs, BSE.
2.
Internet
3.
Video
dan narasumber
B.
MATERI
PELAJARAN
Pengertian dan asal-usul aktivitas gerak
berirama
Senam
irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dalam
irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama. Aktivitas
gerak berirama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak
menggunakan alat. Alat yang sering digunakan adalah gada, simpai, tongkat,
bola, pita, topi dan lain-lain sebagainya.
Senam
irama termasuk kedalam jenis olahraga senam umum karena memiliki ciri-ciri
sebagai berikut: (1) mudah diikuti, (2) tidak membutuhkan biaya yang mahal, (3)
diiringi musik atau nyanyian, (4) melibatkan banyak peserta, dan (5) bermanfaat
untuk kesehatan tubuh.
Aktivitas pembelajaran gerak langkah gerak
berirama
1)
Aktivitas pembelajaran langkah biasa
Berdiri dengan sikap tegak rileks.
a. Langkahkan kaki kiri ke depan dan
kedua lengan di samping badan.
b. Langkahkan kaki kanan ke depan dan
jatuhkan pada tumit.
c. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri
secara bergantian..
2)
Aktivitas pembelajaran langkah rapat
a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b. Langkahkan kaki kanan di depan kaki
kiri.
c. Kemudian, melangkahkan kaki kiri di
depan kaki kanan.
b. Lanjutkan kedua kaki rapat.
a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.
b. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke
depan.
c. Hitungan 2: kaki kanan menyusul
melangkah ke depan.
d. Ketika tumit kaki kanan masih
terangkat, kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat.
4) Aktivitas pembelajaran langkah depan
b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di
muka kaki kanan.
c. Hitungan 2: kaki kiri menyusul dan
bersama-sama kaki kanan menyusul lagi (satu hep dua).
d. Selanjutnya, langkahkan kaki kiri,
disusul kanan, kemudian diikuti langkah kiri.
5) Aktivitas pembelajaran langkah silang
a. Berdiri dengan sikap anjur kiri.
b. Hitungan 1: silangkan kaki kiri di
muka kaki kanan
c. Kruispas dapat pula dilakukan ke
belakang.
d. Langkah silang ini dilakukan dengan
irama 2/4.
Aktivitas pembelajaran gerakan ayunan lengan
1)
Aktivitas pembelajaran gerakan
ayunan satu lengan ke depan belakang
1. Sikap permulaan berdiri tegak,
melangkah, kedua lengan lurus ke depan.
2. Hitungan 1: ayun lengan kiri ke
belakang diikuti kedua lutut mengeper.
3. Hitungan 2: ayunkan kembali tangan
kiri ke depan.
4. Hitungan 3-4: sama dengan hitungan 1
– 2 hanya dilakukan dengan tangan kanan.
5. Lakukan Pembelajaran ini 6 x 4
hitungan dengan irama 4/4.
a. Sikap permulaan berdiri tegak,
ayunkan kedua lengan ke samping kanan
b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri dari
depan ke samping kiri diikuti kedua lutut mengeper.
c. Hitungan 2: ayunkan kembali lengan
kiri ke depan.
d. Hitungan 3-4, lengan kanan melakukan
gerakan seperti tangan kiri pada hitungan 1 dan 2.
3)
Aktivitas pembelajaran ayunan satu
lengan ke samping bersamaan dengan memindahkan berat badan
a. Sikap permulaan berdiri tegak,
ayunkan kedua lengan ke samping kanan
b. Hitungan 1: ayunkan lengan kiri ke
kiri
c. Hitungan 2: ayunkan lengan kanan ke
kiri bersamaan dengan memindahkan berat badan ke kiri dan kedua lutut mengeper.
d. Hitungan 3: ayunkan lengan kanan
kembali ke kanan.
e. Hitungan 4: ayunkan lengan kiri ke
kanan bersamaan memindahkan berat badan ke kanan, kedua lutut mengeper.
4)
Aktivitas pembelajaran ayunan dua
lengan ke depan belakang
a. Sikap permulaan berdiri, kaki kiri
melangkah, kedua lengan lurus ke depan.
b. Hitungan 1: ayunkan kedua lengan ke
belakang.
c. Hitungan 2: ayunkan kembali ke
depan.
d. Hitungan 3-4, putar kedua lengan
melalui bawah di samping badan.
e. Hitungan 5,6,7,8: Pembelajaran sama
dengan Pembelajaran 1,2,3,4, tetapi arahnya berlawanan.
5)
Aktivitas pembelajaran variasi
gerakan langkah ke depan dan gerakan tangan ke atas
a. Sikap permulaan tegak, langkahkan
kaki kiri, kedua lengan ke samping.
b. Hitungan 1: langkahkan kaki kiri ke
depan, ayun kedua lengan lurus ke atas.
c. Hitungan 2: pindahkan berat badan ke
belakang sambil membungkukkan badan ke muka,
ujung tangan ke ujung kaki, pandangan ke perut.
d. Hitungan 3, tegak kembali.
e. Hitungan 4: kaki kiri dirapatkan dan
kedua lengan kembali ke sikap semula.
f. Hitungan 5,6,7, dan 8 sama hanya
ganti kaki kiri.
Aktivitas pembelajaran kombinasi gerakan langkah
kaki dan gerakan ayunan lengan
1)
Aktivitas pembelajaran 1: gerakan
ayunan satu lengan ke belakang dan ke depan
Sikap awal
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri
menyilang bergantian dan kedua lengan lurus ke depan.
Gerakannya
a. Hitungan 1: lengan kiri diayunkan
kebelakang
b. Hitungan 2: lengan kiri diayunkan ke
depan.
c. Hitungan 3: lengan kanan diayunkan
ke belakang.
d. Hitungan 4: lengan kanan diayunkan
ke depan
e. Pandangan selalu mengikuti ayunan
lengan.
Sikap akhir
2)
Aktivitas pembelajaran 2: gerakan
ayunan dua lengan ke belakang dan ke depan
Sikap awal
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri
kedua lengan lurus ke depan.
Gerakannya
a. Hitungan 1: kedua lengan diayunkan
ke belakang samping kiri.
b. Hitungan 2: kedua lengan diayunkan
kembali ke depan..
c. Hitungan 3: kedua lengan diayunkan
ke belakang samping kanan.
d. Hitungan 4: kedua lengan diayunkan
kembali ke depan.
e. Pandangan selalu mengikuti ayunan
lengan
Sikap akhir
Kembali ke sikap semula.
3)
Aktivitas pembelajaran 3: gerakan
ayunan lengan silang dan rentang tangan
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri
kedua lengan direntangkan.
Gerakannya
a. Hitungan 1: kedua lengan disilangkan
di depan dada.
b. Hitungan 2: kedua lengan terentang
setinggi bahu.
c. Hitungan 3: arahkan pandangan ke
bahu kanan secara bergantian.
Sikap
akhir
4)
Aktivitas pembelajaran 4: gerakan
ayunan lengan melingkar di atas kepala
Sikap awal
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri,
dan kedua lengan lurus ke depan.
Gerakannya
b. Hitungan 1: kedua lengan diayunkan
ke kanan melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
c. Hitungan 2: berdiri tegak,
langkahkan kaki kanan dan kedua lengan lurus ke depan.
d. Hitungan 3: kedua lengan diayunkan
ke kiri melingkar ke dalam satu lingkaran di atas kepala.
e. Hitungan 4: berdiri tegak, langkahkan kaki kiri dan
kedua lengan lurus ke depan.
5)
Aktivitas pembelajaran 5: gerakan
ayunan satu lengan horizontal ke kiri dan ke kanan
Sikap awal
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri,
dan kedua lengan direntangkan.
Gerakannya
b. Hitungan 1: lengan kiri diayun ke
kanan di depan badan.
c. Hitungan 2: lengan kiri diayun ke
kiri (sikap semula).
d. Hitungan 3: lengan kanan diayun ke
kiri di depan badan.
e. Hitungan 4: lengan kanan diayun ke
kanan (sikap semula)
f. Setiap ayunan diikuti dorongan
panggul.
Sikap
akhir
6)
Aktivitas pembelajaran gerakan
ayunan kedua lengan ditarik ke dada dan didorong ke depan
Sikap awal
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri,
dan kedua lengan lurus ke depan
Gerakannya
a. Hitungan 1: kedua lengan diluruskan
di depan dada.
b. Hitungan 2: kedua lengan ditarik di
depan dada.
c. Hitungan 3: kedua lengan didorong ke
depan (sikap semula)
d. Setiap ayunan diikuti dorongan
panggul.
Sikap akhir
7)
Aktivitas pembelajaran gerakan
ayunan dua tangan setinggi bahu
Sikap awal
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri
ke samping kiri dan kedua lengan lurus ke samping kanan.
Gerakannya
a. Hitungan 1: kedua lengan diayunkan
ke kiri.
b. Hitungan 2: kedua lengan diayunkan
ke kanan.
c. Hitungan 3: kedua lengan diayun
melingkar satu lingkaran ke kiri di atas kepala.
d. Hitungan 4: kedua lengan lurus ke
samping kiri.
e. Setiap gerakan ini diulang, ayunan
lengan dari samping kiri
Sikap akhir
8)
Aktivitas pembelajaran gerakan
ayunan satu lengan ke kaki anan dan kiri secara bergantian
a. Berdiri tegak, langkahkan kaki kiri
ke samping kiri dan kedua tangan direntangkan.
Gerakannya
a. Hitungan 1: tangan kanan diayun
menyentuh ujung kaki kiri dan badan mem bungkuk.
b. Hitungan 2: tangan kembali diayun ke
sikap semula.
c. Gerakan dilakukan bergantian dengan
tangan kiri.
Sikap
akhir
C. KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.
Bentuklah
kelompok yang terdiri atas 4 - 6 orang!
b.
Siswa mengamati gambar dan gerakan yang dilakukan teman
sendiri atau siswa yang diberi tugas oleh bapak/ibu guru melakukan gerakan.
c.
Setelah itu siswa diberi kesempatan untuk mengajukan
pertanyaan tentang bentuk-bentuk latihan yang diperagakan.
d.
Jawaban yang diberikan oleh bapak/ibu guru, siswa mencoba
melakukan gerakan sesuai dengan hasil pengamatan dan jawaban dari guru.
e.
Siswa mengasosiasikan/menghubungkan, yaitu dengan melakukan
aktivitas tersebut berulang-ulang untuk menemukan hal-hal sebagai berikut.
f.
Mencari hubungan antara langkah kaki dan ayunan lengan dalam
melakukan aktivitas gerak berirama dengan ketepatan dan keserasian gerakan
melakukan aktivitas gerak berirama.
g.
Mencari hubungan antara aktivitas gerak berirama dengan
kesehatan serta otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam aktivitas gerak
berirama.
e. Akhir aktivitas gerakan ini siswa mengomunikasikan,
dengan melakukan rangkaian gerakan langkah kaki dan ayunan lengan aktivitas
gerak berirama.
D.
HASIL
KEGIATAN
1. Temukan permasalahan-permasalahan dari pengamatan video
yang di bahas dalam kelompok !
|
No
|
Fokus yang diamati
|
Deskripsi
|
|
1.
|
Awalan
|
Sikap Tangan:
Sikap Badan:
|
|
2.
|
Pelaksanaan
|
Sikap Kaki :
Sikap Tangan :
|
|
3.
|
Akhir
|
Sikap Badan :
Sikap Tangan :
Sikap Berdiri
:
|
2. Simpulkan hasil pengamatan pada video dan narasumber !
|
E. UJI KOMPETENSI
I.
Pilihan Ganda
1.
Sikap
awal gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama adalah . . . .
|
a.
|
berdiri tegak
|
b.
|
berdiri istirahat
|
|
c.
|
berdiri santai
|
d.
|
berdiri rileks
|
2.
Di bawah ini adalah bentuk langkah dalam aktivitas gerak
berirama, kecuali
. . . .
|
a.
|
langkah biasa
|
b.
|
langkah ke belakang
|
|
c.
|
langkah rapat
|
d.
|
langkah keseimbangan
|
3.
Sikap
awal gerakan langkah rapat aktivitas gerak berirama adalah . . . .
|
a.
|
berdiri rileks
|
b.
|
berdiri istirahat
|
|
c.
|
berdiri tegak
|
d.
|
berdiri santai
|
4.
Sikap
awal gerakan langkah silang aktivitas gerak berirama adalah . . . .
|
a.
|
berdiri tegak
|
b.
|
berdiri rileks
|
|
c.
|
anjur kanan
|
d.
|
anjur kiri
|
5.
Berdiri
dengan sikap tegak, langkahkan kaki kiri ke depan dan kaki kanan menyusul
melangkah ke depan merupakan gerakan langkah . . . .
|
a.
|
langkah biasa
|
b.
|
langkah ke belakang
|
|
c.
|
langkah rapat
|
d.
|
langkah keseimbangan
|
6.
Berdiri
dengan sikap tegak, langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri, kemudian
melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan merupakan gerakan langkah . . . .
|
a.
|
langkah biasa
|
b.
|
langkah ke belakang
|
|
c.
|
langkah rapat
|
d.
|
langkah keseimbangan
|
7.
Berdiri
dengan sikap tegak, langkahkan kaki kiri dan kedua lengan di samping badan dan
langkahkan kaki kanan dan jatuhkan pada tumit merupakan gerakan langkah . . . .
|
a.
|
langkah biasa
|
b.
|
langkah ke belakang
|
|
c.
|
langkah rapat
|
d.
|
langkah keseimbangan
|
8. Sikap permulaan berdiri tegak, melangkah,
kedua lengan lurus ke depan merupakan gerakan mengayunkan lengan . . . .
a. satu lengan ke depan
b. satu lengan ke belakang
c. satu lengan ke samping
d. dua lengan ke depan dan belakang
9.
Sikap
permulaan berdiri tegak, ayunkan kedua lengan ke samping kanan merupakan
gerakan mengayunkan lengan . . . .
a. satu lengan ke depan
b.
satu
lengan ke belakang
c.
satu
lengan ke samping
d.
dua
lengan ke depan dan belakang
10. Ayunkan kedua lengan ke belakang kemudian
putar kedua lengan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan
lengan . . . .
a.
satu
lengan ke depan
b.
satu
lengan ke belakang
c.
satu
lengan ke samping
d.
dua
lengan ke depan dan belakang
II.
Isian
1. Sikap tangan dalam melakukan Senam Irama adalah ....
2. Sikap Badan dalam melakukan Senam Irama adalah ....
3. Sikap kaki dalam melakukan Senam Irama
adalah ....
III.
Uraian
1.
Bagaimana
sikap kaki
dalam melakukan Senam Irama?
2.
Jelaskan
bagaimana cara melakukan langkah biasa dalam aktivitas gerak berirama?
3.
Bagaimana pelaksanaan langkah biasa dalam melakukan Senam Irama?
4.
Jelaskan cara
melakukan gerakan ayunan lengan ke belakang dank e muka?
5.
Bagaimana
gerakan ayunan lengan dan rentang dalam melakukan Senam Irama?
|
NILAI
|
Paraf Guru
|
Nama : …………………….……
Kelas : ………………………..
No.
Abs. : …………………………
|

Tidak ada komentar:
Posting Komentar