MODUL 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
(Model 4: Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard)

PENJELASAN
Gambar 1 : Guru
Penggerak yang mandiri, berarti guru tersebut mampu memunculkan motivasi dalam
dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya
ataupun pada dirinya sendiri. Prilaku yang bisa
dilakukan guru adalah mau melakukan refleksi dan instrospeksi terhadap kegiatan
pembelajaran yang dilakukan. Mau mendengar saran dan kritik dari pengawas,
kepala sekolah, sesama guru dan peserta didik.
Gambar 2 : Seoarang guru
reflektif selalu melihat dari sisi positif setiap saran dan kritik untuk
memperbaiki kualitas kerja. Guru Tidak boleh merasa puas terhadap pembelajaran
yang dilakukan. Guru berani jujur mengakui kekurangan dirinya dalam
pembelajaran.
Gambar 3 :Prilaku guru
penggerak berkaitan nilai kolaboratif adalah guru harus membangun hubungan
kejasama yang positif dan harmonis dengan orang tua peserta didik, komite
sekolah, organisasi di lingkungan sekolah, dan dinas pendidikan untuk kemajuan
sekolah. Prilaku seorang guru penggerak terkait inovatif adalah guru penggerak
harus mampu menemukan ide-ide atau gagasan baru tentang metode, media, dan
suasana pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dan menyenangkan.
Gambar 4 : Guru harus
mengutamakan perkembangan peserta didik sebagai acuan utama, guru harus mampu
menghadirkan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, menghadirkan
pembelajaran dimana peserta didik membangun sendiri pengetahuanya. Guru harus
mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila bagi peserta didiknya. Pelajar yang memiliki profil ini adalah peserta didik yang
terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar